Batman Begins - Help Select TUGAS KAMPUS

Kamis, 22 Desember 2011


TULISAN 2



PEMUDA DAN IDENTITAS
Pemuda adalah suatu generasi yang di pundaknya di bebani berbagai macam-macam harapan, terutama dari generasi lainya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda di harapkan sebagai denerasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.
Lebih menarik lagi pada generasi muda ini mempunyai permasalaha-pemasalahan yang sangat berfariasi, di mana jika permasalahan ini tidak dapat diatasi secara professional maka pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai penerus pembangunan. Disamping itu dalam menghadapi permasalahan,pemuda memiliki potensi-potensi yang melekat pada dirinya dan sangat penting yang artinya sebagai sumber daya manusia. Oleh karena itu berbagai potensi positif yamg dimiliki generasi muda itu harus di garap, dalam arti pengembangan dan pembinaannya harus di sesuai dengan asas, arah, dan tujuan pengembangan. Dan pembinaan generasi muda di dalam jalur-jalur pembinaan yang tepat serta senantiasa bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional.
Proses sosialisasi generasi muda adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri dari tangah-tengah kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, pada tahap pengembangan dan pembinaannya, melalui proses kematangan dirinya dan belajar padaberbagai media sosialisasi yang ada di masyarakat, seorang pemuda harus mampu menseleksi berbagai kemungkinan yang ada sehingga mampu mengendalikan diri dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat.

Ada berbagai permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini, anatara lain :
  1.  Menurunya rasa idealisme, patriotisme dan nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk generasi muda.
  2. Kekurang pastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
  3. Belum seimbangnya antara generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal maupun non formal.
  4. Kurangnya lapangan kerja/kesempatan kerja serta tingginya tingkat penganguran/setengah penganguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosialnya.

Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah :
  1. Idealisme dan daya kritis
  2. Dinamika dan kreatifitas
  3. Keberanian mengambil resiko
  4. optimis dan kegairahan semangat
  5. Sikap kemandirian disiplin murni
  6. Terdidik
  7. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
  8. Patriotisme dan Nasionalisme
  9. Sikap kesatria
  10. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi.

Setiap individu dalam masyarakat yang berada mengalami proses sosialisasi yang berbeda pula, karena proses sosialisasinya banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Oleh karena itu proses sosialisasi melahirkan kedirian dan kepribadian seseorang terhadap diri sendiri dan memandang adanya pribadi orang lain di luar dirinya.

sumber : sebagian dari e-book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar