Batman Begins - Help Select TUGAS KAMPUS

Kamis, 22 Desember 2011


TUGAS 2

Dalam kehidupan kita kenal ada karakter dari lingkungan yang dimiliki oleh manusia , yaitu individu, keluarga, masyarakat.
Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.

Individu
Manusia itu adalah makhluk individu. Makhluk individu berarti makhluk yang
tidak dapat dibagi-bagi, dan tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya.
Contoh :
Manusia sebagai makhluk individu mengalami kegembiraan atau kekecewaan akan terpaut dengan jiwa dan raganya, tidak hanya dengan mata, telinga, hidung, tangan, dan perasaan saja. Dalam kegembiraannya manusia dapat mengagumi dan merasakan keindahan , mengapa demikian ? karena manusia mempunyai rasa kendahan, rasa estetis dalam individunya. Suatu keindahan yang ia kagumi dan ia nikmati melalui indera mata dan indera perasaan yang menyatu menjadi satu kesatuan.
            Tetapi ada yang berpendapat lan tentang makhluk individu, tidak hanya dalam arti makhluk keseluruhan jiwa raga, melainkan juga dalam arti bahwa tiap-tiap orang mempunyai kepribadian sendri yang artinya mempunyai perilaku sendiri-sendiri. Untuk men jadi makhlk individu yang mandiri harus melalui proses, proses yang harus dilaluinya adalah proses pemantapan dalam bergaul di lingkungan keluarga, ini dapat terbentuk dari dalam lingkungan keluarga secara bertahap dan akan tetap melalui sentuhan-sentuhan intraksi seperti : etika, estetika, dan moral agama.

Keluarga
Keluarga adalah kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat dan kehidupan. Keluarga merupakan bagian dari grub yang terbentuk dari pria dan wanita, yang mana banyak berlangsung lama untuk menciptakan anak dan membesarkannya. Jadi keluarga dalam bentuk yang murni merupakan suatu kesatuan sosial, ini mempunyai sifat-sifat yang tertentu yang sama, dimana dalam suatu masyarakat.
Contoh :
- Ada 5 macam sifat yang terpenting, yaitu :
  1. Hubungan Suami-Istri ;
Hubungan ini mungkin berlangsung seumur hidup dan mungkin dalam waktu yang singkat saja. Ada yang berbentuk monogamy, dan ada juga yang poligami. Bahkan banyak masyarakat sederhana terdapat “group married”, yaitu sekelompok wanita menikah dengan sekelompok pria.
  1. Bentuk pernikahan di mana antara suami-istri itu diadakan dan dipelihara ;
Dalam pemilihan jodoh atau pasangan dapat kita lihat bahwa calon suami-istri itu dipilihkan oleh orang tua mereka. Sedangkan masyarakat yang lainnya diserahkan pada orang yang bersangkutan, ada juga pernikahan yang berbentuk indogami yakni menikah di dalam golongan sendiri, ada pula yang bentuk exogami yaitu menikan diluar golongan sendiri.
  1. Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan ;
Banyak masyarakat menghitung keturunan dari garis laki-laki.
Misalnya di batak ; ini disebut Partrilineal.
Sedangkan yang melalui garis wanita,
Misalnya minangkabau ; ini disebut Matrilineal, dimana kekuasaan pada saat itu terletak pada wanita. Di minangkabau wanita tidak mempunyai hak apa-apa, bahkan hartanya tidak di urusi oleh dirinya sendiri melainkan di urus oleh adik atau saudara perempuannya.
system in disebut dengan Avonculat
  1. Milik atau harta benda keluarga  ;
Di manapun keluarga mempunyai milik untuk kelangsungan hidup para anggota-anggotanya.
  1. Pada umumnya keluarga itu tempat bersama atau rumah bersama.

Masyarakat
Seperti halnya dengan definisi sosiologi yang banyak jumlahnya kita dapati juga definisi-definisi tentang masyarakat yang juga tidaj sedikit. Definisinya adalah sekedar alat ringkat untuk memberikan batasan-batasan mengenai suatu persoalan atau pengertian yang ditijau dari pada analisa. Analisa inilah yang memberikan arti yang jernih atau bersih dan kokoh dari suatu pengertian.
Manusia sebagai makhluk sosial manapun tersusun dalam kelompok-kelompok. Fakta ini menunjukan bahwa manusia mempunyai sosial akan pembawaan kemasyarakatan seperti hasrat bergaul.
Contoh ;
Sesorang anak kecil yang sedang bermain dengan teman-temannya.
Contoh ini menunjukan bahwa manusia makhluk sosial dan tidak bisa hidup sendiri.

sumber : sebagian dari e-book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar