Batman Begins - Help Select TUGAS KAMPUS

Kamis, 22 Desember 2011


TULISAN 3


FUNGSI KELUARGA DALAM KEHIDUPAN INDIVIDU
Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil dan sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini, dalam hubungannya dalam individu, sering dikenal dengan sebutan primary group. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadian dalam masyarakat. Banyak hal yang mengenai kepribadian yang dapat dirunut dari keluarga, yang pada saat sekarang ini sering dilupaka orang. Perkembangan intelektual akan kesadaran lingkungan seoarang individu seringkali dilepaskan dan bahkan dipisahkan dengan masalah keluarga. Hal semacam inilah yang sering menimbulakan masalah sosial, diakarenakan kehilangan pijakan. Keluaraga sering sekali kehilangan pijakannya, oleh karena itu kebujakan kalau dilihat dan dikembalikan peranan keluarga dan proposisi yang sebenarnya dengan skala prioritas yang pas.
Keluarga pada umumnya yang diketahui terdiri dari suami dan individu lainnya adalah isrti yang selalu berusaha menjaga rasa aman dan ketentraman ketika dalam menghadapi suka dan duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama.
Keluarga biasanya terdiri dari suami, isrti dan anak-anaknya. Anak-anak inilah yang nantinya akan berkembang dan mulai bisa melihat atau mengenal arti diri sendiri, dan kemudian belajar melalui pengalaman itu. Apa yang talah dilihatnya itu akan menjadi pengalaman individualnyaindividu pada tahap selanjutnya mulai dirasan bahwa telah ada individu-individu lainnya yang berhubungan secara fungsional. Individu-individu tersebut adalah keluarga yang memelihara cara pandang dan cara menghadapi masalah-masalahnya, membinanya dengan cara menelusuri dan meramalkan hari esok, mempersiapkan pendidikan, keterampilan dan budi pekertinya.
Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat.

A.     PENGERTIAN FUNGSI KELUARGA

Dalam kehidupan keluarga sering kita jumpai adanya pekerjaan-pekerjaan yang
harus dilakukan. Suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan itu biasanya disubut dengan fungsi. Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tuga-tugas yang harus dilaksanakan dilam atau oleh keluarga itu.

  1. MACAM-MACAM FUNGSI KELUARGA

Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan oleh keluarga itu dapat digolongkan/dirinci kedalam beberapa fungsi, yaitu :
  1. Fungsi Biologis
  2. Fungsi Pemeliharaan
  3. Fungsi Ekonomi
  4. Fungsi Keagamaan
  5. Fungui Sosial


  1. Fungsi Biologi
Dengan fungsi ini diharapkan agar keluaraga yang menyelengarakan persiapan-persiapan perkawinan bagi anaknya. Karena dengan perkawinan akan terjadi proses kelangsungan keturunan. Dan setiap manusia pada hakekatnya terdapat semacam turunan biologis bagi kelangsungan hidup keturunannya, yang melalui perkawinan.
Persiapan perkaeinan itu harus di persiapkan oleh orang-orang tua bagi anank-anaknya dapat berbentuk anatara lain pengetahuan tentang kehidupa sex bagi suami istri, pengetahuan untuk mengatur rumah tangga bagi sang istri, tugas dan kewajiban bagi suami agar memelihara pendidikan bagia anak-anaknya dan lain-lain. Sehingga tepat pada waktunya ia sudah matang untuk menerima hal baru dalam mengurangi hidup untuk rumah tangganya.
Dengan persiapan yang cukup matang ini maka dapat mewujudkan suatu bentuk kehidupan rumah tangga yang baik dan harmonis. Kebaikan rumah tangga ini dapat membawa pengaruh yang baik pula bagi kehidupan bermasyarakat.

  1. Fungsi Pemeliharaan
Keluarga diwajibkan untuk berusaha agar setiap anggotanya dapat terlindung dari gangguan-gangguan sebagai berikut.
  1. gangguan udara dengan berusaha untuk menyediakan rumah untuk keluarganya.
  2. gengguan penyakit dengan berusaha untuk menyiapkan obat-obatan.
  3. gangguan bahaya dengan berusaha untuk menyiapkan senjata, pagar, tembok, dan lain-lain.

Bila dalam keluarga fungsi ini telah dijalankan dengan sebaik-baiknya sudah barang tentu akan membantu terpeliharanya keamanan dalam masyarakat. Sehingga terwujud suatu masyarakat yang terlepad dan terhindar dari segala gangguan apapun yang akan terjadi.

  1. Fungsi Ekonomi
Keluarga berusaha menyediakan kebutuhan rumah tangga yang pokok yaitu :
  1. kebutuhan makan dan minum
  2. kebutuha pakaian untuk menutupi tubuhnya
  3. kebutuhan tempat tinggal.

  1. Fungsi keagamaan
Di Negara Indonesia yang berideologi Pancasila berkewajiban pada setiap warganya untuk menghayati, mendalami dan mengamalkan Pancasila di dalam perilaku dan kehidupan keluarganya sehingga benar-benar diamalkan P4 ini dalam kehidupan keluarga.
Dengan dasar pedoman ini keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mendalami serta mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam perilakunya sebagai manusia yang bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian akan tercermin bentuk masyarakat yang apabila semua keluarga melaksanakan P4 dan fungsi dari keluarga itu.


  1. Fungsi Sosial
Dengan fungsi ini keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak-anaknya bekal-bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan-peranan yang diharapkan yang akan mereka jalankan kelak bila sudah dewasa nanti.
Dengan fungsi ini diharapkan agar di dalam keluarga selalu terjadi pewarisan kebudayaan. Kebudayaan yang diwariskan itu adalah kebudayaan yang telah dimiliki oleh generasi tua yaitu ayah dan ibu, diwariskan ke pada anak-anaknya dalam bentuk antara lain sopan santun, bahasa, cara bertingkah laku, ukuran tentang baik buruknya perbuatan dan lain-lain.
Dengan melalui nasehat dan larangan, orang tua menyampaikan noram hidup tertentu dalam berprilaku.


 sebagian dari : e-book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar